Email dengan nama domain sendiri terbaru

Rabu, 20 Februari 20130 komentar

Jika teman-teman sudah memiliki nama domain sendiri, tentunya ingin memiliki alamat email menggunakan nama domain tersebut. Bukan saja hal ini bagus untuk bergaya, tetapi bagus juga untuk marketing dari website (nama domain) teman-teman tersebut. :)
Eits, apakah bisa secara gratis, tanpa bayar ?
Sebelumnya, penggunaan Google Apps sangat diminati. Hanya saja sayang dikarenakan saat ini Google Apps sudah tidak gratis lagi. :(
Namun jangan sedih, karena masih ada solusi lainnya, yaitu dengan menggunakan jasa Zoho Mail.
Caranya juga sangat mudah.
A. Pendaftaran di Zoho Mail
  1. Kunjungi Zoho Mail. Pada paket “Lite“, klik “Sign Up“.
    Kunjungi Zoho Mail dan Pilih Paket Lite

  2. Masukkan nama domain teman-teman, lalu klik “Add Domain“.
    Masukkan Nama Domain ke Zoho Mail
  3. Isi formulir pendaftaran yang disediakan, kemudian klik “Sign Up“.
    Isi Formulir Pendaftaran di Zoho Mail
  4. Pendaftaran sukses! Langkah selanjutnya dengan klik “Proceed to verify domain ownership“.
    Sukses. Lalu Klik Proceed to verify domain ownership
B. Download File Verifikasi Kepemilikan Nama Domain
Langkah berikutnya adalah melakukan download file verifikasi kepemilikan nama domain.
  1. Setelah langkah diatas, maka akan muncul halaman meminta verifikasi kepemilikan nama domain teman-teman.
    Permintaan Verifikasi Kepemilikan Nama Domain untuk Zoho Mail
  2. Klik “HTML Method“.
    Pilih HTML Method
  3. Download file verifyforzoho.html dengan klik “Click Here“, lalu pilih lokasi penyimpanan di hard disk teman-teman.
    Download File HTML Verifikasi Zoho Mail
C. Upload File Verifikasi Kepemilikan Nama Domain
Lakukan upload file html untuk verifikasi nama domain.
  1. Buka Tab atau Browser baru, dan silahkan login ke Control Panel Web Hosting, dalam contoh ini dipergunakan Cpanel. Klik “File Manager“.
    File Manager Control Panel Cpanel
  2. Pilih “Web Root (public_html/www)” lalu klik “Go“.
    Pilih Web Root File Manager
  3. Klik “New Folder“.
    New Folder dari File Manager Cpanel
  4. Pada isian “New Folder Name:“, masukkan: zohoverify
    Kemudian klik “Create New Folder“.
    Bikin folder zohoverify
  5. Klik 2 kali pada gambar map di depan nama zohoverify.
    Klik Gambar Map Folder zohoverify
  6. Klik “Upload“.
    Klik Upload
  7. Klik “Browse…” untuk upload file html yang sudah tersimpan di hard disk (Langkah B.3. diatas).
    Browse dan Pilih File Verifikasi Zoho Mail
    Silahkan lihat pojok kanan bawah untuk mengetahui status upload. Setelah upload sukses akan tertera: “verifyforzoho.html: 13 Bytes complete“.
    Upload Verify Zoho Sukses
  8. Kembali ke Tab atau Browser dari langkah B.3. yang menampilkan permintaan verifikasi nama domain dari Zoho Mail, lalu klik “Verify“.
    Verifikasi Zoho Verify
  9. Verifikasi sukses!
    Verifikasi Zoho Mail Sukses
D. Membuat Alamat Email
Setelah verifikasi sukses, maka langkah selanjutnya adalah membuat alamat email.
  1. Masukkan username yang akan dipergunakan sebagai Administrator, lalu klik “Create Account“.
    Administrator Email Zoho
  2. Pada halaman “Add Users“, klik “Next“.
    Add Users Zoho Mail
  3. Demikian pula pada halaman “Groups“.
    Groups Zoho Mail
  4. Pada halaman “Change MX Records“, klik “Proceed to Point MX“.
    Proceed to Point MX
  5. Lalu klik “Next“.
    Cara merubah MX records akan diuraikan dibawah.
    Isian MX Records Zoho Mail
  6. Di halaman “Email Migration“, silahkan klik “Next“.
    Email Migration
  7. Pada halaman “Mobile Access“, klik “Done“.
  8. Lalu klik “Proceed to Access ZohoMail“.
      Proceed to Access ZohoMail
  9. Selamat datang di Inbox baru. :)
    Selamat Datang di Inbox Baru
    Namun alamat email baru masih belum bisa dipergunakan lho, ada langkah berikutnya yang harus dilengkapi. :)
E. Merubah MX Records
Agar alamat email baru bisa aktif, maka diperlukan perubahan MX records.
  1. Login ke Control Panel Web Hosting, dalam contoh ini dipergunakan Cpanel. Klik “MX Entry“.
    MX Entry Cpanel Web Hosting
  2. Hapus isian MX records yang sudah ada.
    Hapus Isian MX Records
  3. Tambahkan isian “Add New Record” dengan:
    Priority: 10
    Destination: mx.zohomail.com
    MX Record Zoho Priority 10
  4. Ulangi untuk:
    Priority: 20
    Destination: mx2.zohomail.com
    MX Zoho Mail Priority 20
F. Verifikasi Pendaftaran
Langkah terakhir adalah verifikasi pendaftaran.
  1. Silahkan buka alamat email yang didaftarkan pada langkah A.3., akan ada email dengan subject: Welcome to Zoho!
    Dengan isi kurang lebih:
    Hi,
    Thank you for registering with Zoho!
    You’re almost there, just one step left!
    Please verify your email address to confirm your account registration within 7 days of receiving this message.
    Confirm my Account
    https://accounts.zoho.com/confirm?DIGEST=vq8M9knN
    If you did not register with Zoho, please ignore this message. Somebody could have entered your email address accidentally from the IP address xxx.xxx.xxx.xxx.
    Thanks,
    Zoho Team
    http://www.zoho.com/
    Silahkan klik pada “Confirm my Account“.
  2. Silahkan masukkan password yang diisikan pada langkah A.3.
    Konfirmasi Masukkan Password
  3. Sukses!
    Zoho Mail Sukses
Semua pengaturan sudah selesai dan sukses, namun mungkin alamat email baru masih belum bisa dipergunakan untuk menerima email. Ini bukan kesalahan, tetapi karena adanya Masa Propagasi. Jika pengiriman email masih belum bisa maka silahkan menunggu dan dicoba kembali dalam beberapa jam.
Untuk melakukan login ke email baru, silahkan mempergunakan alamat URL:
https://www.zoho.com/mail/login.html
Jangan lupa untuk memasukkan alamat email secara lengkap ya. :)
Login Zoho Mail
Semoga artikel ini bisa bermanfaat!
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : dhorisberty | Blogging | dhoris
Copyright © 2012-2013. dhorisberty - All Rights Reserved